Total Tayangan Halaman

Minggu, 26 Juli 2009

Peranan Jasa Telekomunikasi (TELKOM GROUP) dalam Menunjang Kemajuan Bisnis Logistik dan SCM.

Penyediaan jasa telekomunikasi di Indonesia saat ini sudah mengalami kemajuan yang pesat, khususnya jasa telekomunikasi yang disediakan oleh TELKOM GROUP (yang terdiri dari PT. TELKOM dan beberapa anak perusahaan apiliasinya, seperti TELKOMSEL, Infomedia, PRAMINDO. Finnet, INDO NUSA, dan Metra SIGMA yang menyediakan layanan jasanya dengan spesifikasi masing-masing).
Jasa telekomunikasi yang disediakan TELKOM GROUP tersebut memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
1. Multi Service (Multi Technology)
2. Integratable (Nation Helpdesk 24/7)
3. Customized (National Supported, Competitive Price, dan Service Guaranteed)
4. Cakupan luas (National & International Affiliation)
5. ISO Insurance (TUV CERT : EN ISO 9001-2000)

Keunggulan jasa telekomunikasi yang disediakan oleh TELKOM GROUP tersebut dapat dimanfaatkan sebagai solusi bagi kemajuan Bisnis Kurir, Logistik dan SCM di Indonesia, khususnya Jawa Barat, yaitu sebagai :
A. Solusi Online Office
Dengan menggunakan jasa telekomunikasi TELKOM, Anggota ASPERINDO dapat meningkatkan komunikasi antar cabang, antara pelanggan dengan penyedia jasa kurir dan logistik, atau antar para pelaku bisnis secara online, yaitu dengan pemanfaatan fasilitas PVN Instan atau speedy yang berkecepatan tinggi (saat ini sudah sampai 3 Mbps downlink) dan Internet Hotspot.

B. Solusi Call/Contact Center
Dengan memanfaatkan jasa TELKOM, memungkinkan Anggota ASPERINDO untuk:
· Menyediakan cukup satu nomor yang perlu diingat oleh pelanggannya (TELKOMFree Call).
· Memasangkan identitas perusahaan di fasilitas komunikasi, yaitu melalui nomor-nomor khusus (TELKOM Unicall).
· Adanya split-charging guna membagi beban telepon antara pemanggil dengan perusahaan kurir/logistik (TELKOMSplit-charging). Pembagian biaya komunikasi dan koneksitas dimaksud ditetapkan TELKOM secara kompetitif dan dengan perhitungan yang cermat.
· Perusahaan serasa begitu dekat dengan pelanggan, dimana Petugas Contact Center lah (dengan keramahan dan kemahirannya di bidang bisnis kurir/logistik) yang akan melayani pertanyaan/claim pelanggan dan menghubungi kantor transit atau tujuan kiriman, serta menyampaikan solusinya kepada pelanggan bisnis kurir dan logistik.


C. Solusi Efficiency & Effective Communication
Dengan memanfaatkan jasa TELKOM, memungkinkan Anggota ASPERINDO untuk melakukan efisiensi komunikasi antar karyawan corporate yang terdaftar menggunakan Flexy Triple-C (Classy Corporate CUG) secara paket.

D. Solusi Application
Dengan memanfaatkan jasa TELKOM, memungkinkan Anggota ASPERINDO untuk melakukan : e-Portal, e-Payment, e-Logistic, e-Procerument, Auction, dan lain-lain.
Seperti; layanan paperless, online reservation, pengawasan/pelaporan agen, dll.

Keunggulan dan kemanfaatan jasa TELKOM tersebut dipaparkan secara gamlang dan humoris oleh Bayu Aji Wijaya (TELKOM Enterprise Regional III Jabar Banten) dalam Seminar Sehari ASPERINDO di Gedung Wahana Bhakti Pos Jln. Banda 30 Bandung pada hari Sabtu, 25 Juli 2009 kemaren.
Paparan tersebut mendapat perhatian yang penuh dari para peserta seminar dan diakhiri dengan diskusi serta pembagian hadiah dari TELKOM GROUP kepada para penanya terbaik.

Dari paparan dan seminar tersebut, tinggal terpulang kepada ASPERINDO dan para Anggotanya, apakah layanan jasa yang sudah disediakan TELKOM dengan sedemikian canggih itu akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk peningkatan kualitas pelayanan dalam era globalisasi ini?.

ASPERINDO, mulailah action guna menyongsong sukses impian yang telah diprogramkan. Hal tersebut sejalan dengan pendapat Joko Susilo yang menyatakan Start Action Stop Dreaming pada www.jokosusilo.com/2009/06/22/apa-arti-action-bagi-anda/

SUKSES SELALU buat ASPERINDO.

Diresume oleh : Kanaidi, SE., M.Si (Dosen Management Marketing, Trainer, Penulis dan Pebisnis)
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar